MUTIARA KEHIDUPAN

header ads

Singkatan yang Sulit Dihafal (HPDKI, SNMPTN, PPVPP, KPBP2SI dll)

Nama adalah brand alias merek. Itu sebabnya kalau ada nama yang sulit dilafalkan dan dihafalkan, secara reflek saya sering memberi komentar. Itu adalah bentuk kepedulian saya.

Di lembaga pemerintah banyak nama yang aneh-aneh dan sangat menyulitkan masyarakat untuk mengingatnya.
Di era kepemimpinan menteri Anton Apriantono, Kementerian Pertanian mendirikan Pusat Perizinan dan Investasi, disingkat PPI. Beberapa tahun lalu ini nama ini "disempurnakan" menjadi Pusat Perlindungan Varietas dan Perizinan Pertanian, disingkat PPVPP. Sejauh mana Anda mampu mengingat-ingat singkatan tersebut? Sampai hari ini saya masih sering sulit mengingatnya. Tak sedikit juga wartawan yang salah ketik.  Kenapa?

Karena secara umum otak manusia mudah mengingat singkatan yang terdiri dari 2 atau 3 huruf. Kita mudah mengungat SD, SMP, SMA, ITB, IPB. Tapi coba perubahan nama UMPTN, SNMPTN, SBMPTN  dan sebagainya. sulit kan?

Maka nama partai pun jarang yang terdiri dari 4 huruf. Mereka tampaknya paham, singkatan nama partai harus mudah diingat. Rata-rata 3 huruf saja, misalkan PPP, PKB, PBB, PAN, PKS, PDI (sekarang PDI-P), Jika sulit menyingkat dengan huruf, dibuat akronim berupa kata baru, Gerindra, Nasdem.

Di bidang peternakan, banyak organisasi masyarakat yang singkatannya 4 huruf, misalnya GPMT, GPPU, PDHI, ISPI. Yang menyulitkan adalah PPSKI (Perhimpunan Peternak Sapi dan Kerbau Indonesia) , HPDKI (Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia). Dua yang saya sebut terakhir seringkali menyulitkan masyarakat. bahkan sesama asosiasi peternakan yang sering ketemu saja, masih banyak yang salah ucap.

Di pemerintahan, ketika sebuah lembaga berubah status, singkatan nama juga ikut berubah. Ini juga merepotkan publik untuk menghafalkannya. Hal ini menyebabkan jika ada surat dari swasta yang salah ketik dalam menulis nama, surat  bisa dikembalikan oleh pejabat pemerintah yang merasa berkuasa.

Sebuah lembaga milik Kementerian Pertanian di Gunung Sindur Bogor dulu namanya Balai Pengujian Mutu dan Sertifikasi Obat Hewan , disingkat BPMSOH. Nama ini susah dihafal kan? Lantas status Balai ini berubah menjadi Balai Besar.
Menurut saya, singkatannya tak harus diubah, tetap BPMSOH, singkatan dari Balai Besar Pengujian Mutu dan Sertifikasi Obat Hewan. Namun pemerintah punya aturan sendiri, sehingga  harus berubah menjadi BBPMSOH. Nah tambah susah kan menghafalnya ? Kalau Anda ke Gunung Sindur, tanya ke masyarakat dimana letak kantor BBPMSOH, hampir pasti warga setempat kebingungan, itu nama apa kok panjang banget. Tapi kalau anda tanya dimana "Laborat" hampir semua warga tahu lokasinya.

Ini karena warga sejak awal sulit menyebut BPMSOH (apalagi BBPMSOH). Lebih praktis sebut saja Laborat. Repot amat sih.

Begitu pula Balai Penelitian Veteriner singkatannya Balitvet, sekarang menjadi Balai Besar Penelitian Veteriner disingkat BBalitvet.
Kalau saya teruskan beberapa contoh, anda akan pusing dengan berbagai singkatan milik pemerintah.

Repotnya orang swasta tanpa sengaja bikin singkatan yang tak kalah menyulitkan. Coba Anda masuk ke facebook, disana banyak komunitas yang membuat singkatan yang sulit dihafal. Ada Komunitas Peternak Bebek Petelur dan Pedaging Seluruh Indonesia, disingkat KPBP2SI (Mudah-mudahan saya nggak salah tulis hehe).

Ada juga Komunitas Peternak Bebek Petelur dan Pedaging Seluruh Nusantara, disingkat KPBP2SN (buat anggota komunitas, saya minta maaf kalau salah ketik).
Ada lagi Komunitas Peternak Bebek Seluruh Nusantara Indonesia, disingkat KPB-SNI. (yang ini masing mending, disingkat, dipenggal jadi dua, saya lebih mudah menghafalnya)

Terus terang saya menjadi peduli dengan singkatan dan akronim , karena bagi saya, menyingkat itu ditujukan untuk memudahkan. Faktanya banyak menyulitkan. Padahal kalau kita salah tulis mereka marah atau tersinggung.
Singkatan yang menyulitkan, tentunya berdampak banyak. Para wartawan misalnya, akan sangat berhati-hati dalam menulis. Kalau sedang dikejar deadline, dia akan memilih sebuah penjelasan semampunya daripada menulis singkatan tapi salah. Atau lebih memilih tidak menulis sama sekali.

Nah, omong-omong soal singkatan dan akronim, saya mengenal Dr. Soehadji (alm), Dirjen Peternakan era order baru. Ia sangat kreatif membuat akronim sehingga sampai sekarangpun saya masih hafal, Ketika ada kemarau panjang tahun 1990an, ia mengusulkan ke Presiden Operasi Penanggulangan Dampak Kekeringan, disingkat Operasi Pendekar. Konon karena namanya keren begini, Presiden Soeharto langsung setuju dengan operasi tersebut. Soehadji juga membuat program Gerakan Pembangunan Sentra Perbibitan Pedesaan alias Gerbang Serba Bisa dan berbagai ide kreatif dalam menjalankan ide pembangunan peternakan.

Coba bandingkan singkatan program pemerintah sekarang, Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab). Hanya karena sudah berulang-ulang saja sehingga saya sudah hafal dan tidak salah ketik. Anda yang baru dengar mungkin sulit juga menghafalnya.

Akronim tidaklah harus persis menyingkat beberapa kata, tapi memudahkan kita menyebutnya. Tahun 2010, saya dan beberapa media peternakan mendirikan organisasi atau forum media media peternakan. Saya mengusulkan namanya jangan AMPI (Asosiasi Media Peternakan Indonesia) atau singkatan lainnya , tapi FORMAT (Forum Media Peternakan). Mudah diingat dan mencerminkan istilah media.

Anak-anak muda sekarang tampaknya lebih kreatif dalam membuat singkatan dan akronim. Alun Alun Kidul (Jogja) disingkat Alkid. Komunitas Pencinta dan Pemerhati Motor, disingkat Kompetitor.
Banyak juga akronim sekaligus plesetan sehingga kita lebih mudah kita menghafalnya. Misalkan Kejora (Kelompok Jomblo Ceria), Ijo Tomat (Ikatan Jomblo Terhormat), Gunawan (Gundul Namun Menawan), Titi DJ Dedi Dores (Hati Hati di Jalan, Dengan Disertai  Doa dan restu), Antapani (Antara Cinta Tapi Tue Wani) hehehe


Sekian dulu ya.

Bambang Suharno
Pengamat Peternakan
Ketua Umum Forum Media Peternakan (Format) tahun 2010-2016
Pengelola MajalahInfovet.com dan Agribiznetwork.com

0 Comments:

Posting Komentar