MUTIARA KEHIDUPAN

header ads

Sikapmu Menentukan Kesuksesanmu

Teruslah belajar, bukan hanya untuk meningkatkan kemampuan teknis, tapi agar bisa memiliki sikap yang lebih baik.

Jalan-jalan di kota Teknologi Shenzen, China

Perjalanan ke kota Teknologi Shenzen, China, 1 Mei 2019 dalam rangka Shenzen International Pet Fair.

Launching buku Menggali Berlian di Surabaya

Buku Menggali Berlian di Kebun Sendiri karya Bambang Suharno diluncurkan di acara Grand City Convex Surabaya, di tengah acara pameran internasional Indolivestock Expo.

Meraih sukses

Jika sukses harus diraih dengan kerja keras banting tulang siang malam, itu namanya sukses dengan mesin manual. Anda perlu belajar meraih sukses dengan mekanisme sukses otomatis (Suksesmatic.com).

Pengalaman Naik Kereta TGV di Perancis

Perjalanan ke Rennes Perancis dalam rangka menghadiri pameran internasional, naik kereta TGV dari Paris ke Rennes.

Pelajaran dari Pencipta Becak



Tahun 1869 , seorang pria Amerika yang menjabat sebagai pembantu di kedutaan Amerika Serikat di Jepang berjalan-jalan menikmati pemandangan indah di kota Yokohama. Saat itu ia berpikir bagaimana caranya agar istrinya yang kakinya lumpuh bisa ikut jalan-jalan menikmati pemandangan.  Setelah merenungkan idenya, ia menemukan gagasan untuk membuat kendaraan yang tidak perlu ditarik pakai kuda karena hanya untuk satu penumpang saja. 

Untuk menuangkan gagasannya, ia mulai menggambarkereta kecil tanpa atap di atas secarik kertas. Kereta itu berjalan dengan dua roda dan cukup ditarik manusia, tidak perlu kuda sebagaimana kereta yang ada pada saat itu. Gagasan itu kemudian menjadi kenyataan. Orang Jepang menyebut kendaraan ini jinrikisha. Seiring berjalannya waktu, jinrikisha menarik perhatian masyarakat Jepang, khususnya para bangsawan. Para penarik jinrikisha  diberi upah setiap minggu atas jasanya menarik kendaraan ini untuk keuarga bangsawan dan orang berada yang membutuhkan jasa “jalan-jalan” menikmati pemandangan.

Di kemudian hari kendaraan ini populer di berbagai negara setelah mengalami berbagai penyempurnaan.  Semula dua  roda menjadi roda tiga. Yang semula ditarik manusia, menjadi dikayuh dua kaki manusia .  Kendaraan ini di Indonesia dikenal dengan nama becak.
Coba kita perhatikan. Bermula dari sebuah masalah, kemudian timbul gagasan menciptakan sesuatu yang bermanfaat bagi istrinya, berikutnya berkembang menjadi “bermanfaat bagi banyak orang”. Gagasan  bisa muncul atas masalah yang dihadapi seseorang.  Solusinya untuk seseorang, kemudian bisa berkembang menjadi “bermanfaat bagi  masyarakat”. Pencipta becak semula pasti tidak mengira bahwa gagasan sebuah kendaraan untuk istrinya itu di kemudian hari menjadi kendaraan yang dipakai oleh jutaan orang di berbagai negara, dan mampu menjadi sumber penghasilan bagi tukang becak.
Apapun masalah yang kita hadapi, bukanlah sebuah alasan untuk banyak mengeluh. Soal jalan macet, sampah berserakan, banjir, panas terik, udara kotor, itu semua bukan alasan bagi siapapun untukberdiam diri dan menyalahkan  situasi. Anda tahu apa yang terjadi di dalam situasi macet di pagi dan sore hari di Ibu Kota? Di saat itulah para pengendara mobil mendengarkan radio kesayangannya. Jumlah pendengar radio dari kalangan kelas menengah melonjak di saat jalanan macet. Itu artinya harga iklan radio pada jam macet menjadi lebih tinggi dibanding jam lainnya. Dalam bisnis periklanan dikenal sebagai “prime time” yang nilainya jauh di atas waktu normal.

Kemacetan adalah masalah.  Acara radio adalah salah satu cara untuk mengusir kepenatan di tengah kemacetan.  Dampaknya adalah harga iklan menjadi lebih tinggi. Begitulah salah satu cara menyikapi masalah.  Pasti kemacetan bukan hanya acara radio sebagai “pelariannya”. Ada sumber lain untuk mengatasinya, yakni teknologi  internet. Jalanan macet telah membuat pemborosan luar biasa di jalan. Betapa banyak bahan bakar terbuang percuma gara-gara macet.  Daripada  menghabiskan banyak waktu untuk macet, mulai saja dibuat cara agar orang bisa berbelanja melalui internet. Jangkaun pasarnya telah melampaui prediksi masyarakat. Bukan hanya untuk orang yang malas keluar karena macet, tapi juga untuk masyarakat yang jauh.  Internet marketing telah menjangkau lintas negara. Kini kita bisa membeli banyak barang dan jasa di internet tanpa harus bertemu dengan si penjual.
Kini kita menghadapi masalah sumber bahan bakar yang kian menipis di perut bumi.  Jika 10 tahun lagi minyak bumi benar-benar habis, apakah kita tidak bisa mengisi bensin lagi? Tak usah khawatir, telah banyak penelitian tentang pengganti bahan bakar minyak. Saat ini bukan hanya gas sebagai alternatifnya, tapi juga energi matahari, angin, ombak dan sebagainya. Bahkan guru biologi SMA saya di tahu 1980an pernah mengatakan, bisa saja kelak mobil tidak usah diisi bensin tapi diisi gula atau beras. Itu kan bahan bakar. Kenapa tidak?

Saat ini para ahli sedang berlomba-lomba membuat batere yang dapat menyimpan energi yang besar dan tahan lama. Jika ini sudah berhasil, kita tidak hanya mengisi (charge) batere telepon seluler saja, tapi juga batere kendaraan, dan batere seisi rumah. Kelak kita di negara tropis tinggal menyerap energi matahari disimpan untuk diubah menjadi listrik dan energi untuk kendaraan.

Masalah kita begitu banyak, ada korupsi yang sangat mengganggu jalannya pembangunan, sekolah mahal, pemanasan global, sampah yang menumpuk dimana-mana, transportasi mahal.
Stop mengeluh!  Mari kita belajar dari si pencipta becak. Selamat berkarya.***
 Bambang Suharno
Artikel ini telah dimuat di majalah Info Akuakultur Edisi Agustus 2015



Daya Imajinasi (Bambang Suharno)



Pekerjaan Anda tidak akan pernah lebih besar daripada imajinasi yang Anda buat.
(Napoleon Hill)

Edgar Riza Boroughs (1875-1950) adalah penulis terkenal  dengan karyanya yang berjudul Tarzan of The Ape (1914), kisah tentang petualangan Tarzan, yang hingga sekarang terkenal di layar lebar maupun layar televisi. Sebelum menjadi penulis terkenal, Edgar  pernah bekerja sebagai buruh tambang, penggembala sapi, penjaga toko bahkan pernah juga menjadi tentara dan polisi. Sampai akhir hayatnya, ia menulis 60 novel fiksi dan 20 di antaranya cerita petualangan Tarzan.

Pada cerita petualangan Tarzan , Edgar dengan lancar menceritakan tentang hutan, berbagai peristiwa dan keadaan di benua Afrika. Tahukah Anda bahwa ia sama sekali belum pernah ke Afrika? Cerita tentang Afrika ia dapatkan dari teman-temannya yang pernah ke Afrika serta dari sumber-sumber bacaan. Hebatnya, kisah tentang Afrika dapat diceritakannya secara detail dan terasa sangat hidup. Edgar memiliki daya imajinasi yang luar biasa, dan mampu menguraikan dalam buku hingga dapat membawa pembaca ke imajinasi alam Afrika.  Tak ada yang menyangka bahwa sang penulis tak pernah menginjakkan kaki di benua Afrika.

Daya imajinasi telah lama menjadi bahan kajian para ahli.  Bukan hanya untuk membuat karya tulis fiksi sebagaimana Edgar, melainkan juga dalam bisnis dan kehidupan sehari-hari.  Cobalah Anda bertanya kepada anak kecil, “kelak kalau sudah besar mau jadi apa?’. Mereka dengan lantang menjawab mau jadi tentara, polisi, dokter, insinyur. Jawaban mereka merupakan hasil imajinasi setelah mengetahui berbagai macam profesi. Anak-anak yang ingin jadi jenderal, senang sekali melihat gambar jenderal,  mobil tentara, tayangan TV dan film tentang pimpinan angkatan perang.  Sayangnya, jarang anak-anak yang terus memelihara daya imajinasinya hingga dewasa.

Kebanyakan setelah sekolah daya imajinasi manusia mengalami penurunan. Mereka lebih banyak dilatih untuk berpikir logis, dan pada akhirnya segala hal disyaratkan untuk logis.  Ketika mereka menemukan bahwa menjadi  jenderal itu syaratnya sangat berat, mereka mulai berlogika untuk cari profesi lain yang lebih realistis.

Padahal para pemimpin hebat adalah mereka yang memiliki daya imajinasi besar. Mereka tidak mau imajinasinya  hanya menjadi catatan yang disimpan tanpa diketahui orang lain. Meski banyak cemoohan datang, mereka tetap menyampaikan hasil imajinasinya. Visi para pemimpin dunia adalah hasil dari imajinasinya.  Pernyataan Presiden AS John F Kennedy berikut ini bisa kita jadikan contoh.
 Kita menentukan sebuah pelayaran di lautan yang baru (perjalanan menuju bulan), sebab ada ilmu pengetahuan baru yang bisa diraih (teknologi Apollo) serta hak-hak baru untuk dimenangkan (peradaban di bidang teknologi), dan semuanya itu harus dimenangkan untuk digunakan bagi kemajuan umat manusia di seluruh dunia,kata Keneddy.

Sepintas, pernyataan tersebut nampak sederhana dan biasa saja. namun jika kita perhatikan konteks lahirnya pernyataan tersebut, baru kita merasa merinding. Pernyataan Kennedy muncul sebagai perwujudan visinya meluncurkan Apollo 11 dan mendaratkan manusia di bulan, tepatnya pada saat ia berpidato pada 25 Mei 1961. Ia mencanangkan visi tersebut dalam tenggang waktu sepuluh tahun. Jadi ia pertegas vision statementnya: mendaratkan manusia di bulan sebelum tahun 1970!
Kata Keneddy,  bangsa ini harus memiliki komitmen untuk meraih goal mendaratkan manusia di bulan dan kembali ke bumi dengan selamat sebelum akhir dekade ini.

Pada masa itu, proyek angkasa luar yang digagas Kennedy disikapi sinis oleh mayoritas masyarakat dunia, bahkan Kennedy banyak mendapatkan label sinting. Namun begitu, imajinasi besar itu tetap membuat Kennedy terus melaju dengan penuh percaya diri. Ia mendorong NASA dan menyemangati seluruh rakyat Amerika untuk mendukungnya.
Hasilnya, pada 20 Juli 1969 dunia menyakasikan, astronot Neil Amstrong yang dikirim NASA untuk menjalankan misi benar-benar berhasil menginjakkan kakinya di bulan! Cita-cita besar Kennedy tercapai, persis sebelum 1970. Kennedy sendiri tak sempat melihat astronotnya mendarat di bulan karena setahun sebelumnya dia terbunuh. 
Kehebatan Anda di masa depan tergantung seberapa besar daya imajinasi Anda.

Jeff Bezos, pendiri Amazon, mengatakan, kelak  setiap buku dalam berbagai bahasa dapat disediakan dalam waktu kurang dari 60 detik. Dari imajinasi ini, lahirlah toko buku online terbesar di dunia Amazon.com.  Sementara  itu pendiri google Larry Page dan Sergey Brin bermimpi bisa  mengelola informasi dunia yang dapat diakses gratis oleh setiap orang dimanapun berada.  

Dua puluh tahun lalu, tak terbayang ada berbagai informasi dapat diakses  dengan begitu mudah dan gratis. Itulah hasil imajinasi pendiri google. Bagaimana dengan Anda?***

artikel ini telah dimuat di majalah Infovet edisi mei 2015

Diskusi MEA dari Kampus ke Kampus

Berlakunya MEA, Masyarakat Ekomomi ASEAN, apakah sebuah mimpi buruk? Sejauh mana kesiapan kita? Bagaimana cara terbaik kita untuk menyikapi perubahan besar ini?

Dalam beberapa bulan terakhir ini, diskusi MEA tiada habisnya. Bermacam organisasi pemerintah maupun swasta melakukan pembahasan baik diskusi terbatas maupun seminar besar. Demikian pula berbagai kampus menyelenggarakan talkshow dan seminar membahas apa itu MEA dan bagaimana menyikapinya.

Sabtu 28 Maret 2015, saya diundang sebagai narasumber talkshow di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto dengan tema Peran Pemuda dalam Mengembangkan UKM Peternakan di Era MEA. Acara yang berlangsung di Gedung Roedhiro ini menampilkan  Sekretaris Ditjen Peternakan Dr. Riwantoro, Pakar Ekonomi Dr. Istiqomah, Pebisnis peternakan Unggas Bambang Rijanto dan saya. Lebih dari 200 orang hadir terdiri dari mahasiswa dosen, peternak, guru dan siswa SMK Peternakan. Acara dipandu oleh Dr. Juni Sumarmono, dosen Fakultas Peternakan Unsoed.

Seminggu kemudian, Sabtu 4 April 2015, saya sebagai pembicara seminar di Fakultas Teknik Industri UII Jogja. Saya tampil bersama owner Klinik Kopi Firmansyah. Lebih dari 100 mahasiswa hadir dalam seminar ini. Di kedua forum ini, perbincangan utamanya adalah seputar bagaimana menyiapkan diri di Era MEA yang persaingannya diperkirakan semakin kompetetif. Bedanya, di Unsoed, bentuk acaranya talkshow dan fokusnya ke arah usaha peternakan.

Beberapa bulan sebelumnya, beberapa lembaga mengundang saya untuk membahas topik yang sama, antara lain STIE Bhakti Pembangunan Jakarta Selatan, Gereja Kristen Gunung Sahari Jakarta, dan lain lain.

Dari berbagai forum ini, saya melihat bahwa publik lebih banyak bersikap pesimis dari pada optimis. Apalagi jika dalah forum itu ada pejabat dan pakar. Mereka biasanya mengeluarkan data yang menyedihkan, peringkat SDM Indonesia yang berada di bawah Singapura, Thailand dan Malaysia.

Dengan data seperti ini, publik secara tidak sengaja diajak untuk memaklumi kalau nanti kita hanya sebagai penonton di era MEA ini. Padahal, MEA bukan hanya soal peringkat SDM. Mari kita telaah.

Persaingan antar pemerintah

Sebenarnya persaingan di era MEA lebih banyak persaingan antar pemerintah. Masyarakat hanya mengikuti apa yang terjadi saja, karena prinsipnya masyarakat yang akan meihat peluangnya dimana, jika ada peluang bagus untuk ekspor, akan berusaha ekspor. Sebaliknya jika peluangnya impor, masyarakat akan tergiur untuk impor. Hanya sedikit pengusaha yang "membela" tanah air dengan hanya mengkonsumsi produk dalam negeri dan tidak mau produk impor.

Di kalangan peternak ayam ras (ayam negeri), kita melihat mereka bisa memelihara ayam dengan produktivitas yang sama dengan peternak lain Thailand dan Malaysia. Yang membedakan adalah, harga bahan baku pakan mahal sehingga biaya pakan mahal. Harga di kandang murah tapi sampai di konsumsi selisihnya tinggi, akibat rantai tata niaga yag panjang dan biaya transport tinggi. Nah urusan bahan baku mahal, sistem tata niaga panjang, biaya transport tinggi, itu adalah urusan pemeritah.

Jika mau bersaing dengan hasil gemilang, caranya tidak lain adalah pemerintah mengatur tata niaga ayam (pertanian), membuat sistem logistik yang baik sehingga biaya transport dan pengiriman barang lebih efisien. Belum lagi soal pungutan resmi dan tidak resmi antar propinsi, antar kabupaten maupun antar pulai. Itu semua sumber pemborosan yang mengakibatkan daya saing rendah. Dan itu semua bukan urusan peternak, melainkan pemerintah.

Jangan Salahkan Masyarakat

Jadi jangan salahkan masyarakat, karena masyarakat Indonesia pada umumnya pekerja keras. Bukan pemalas sebagaimana anggapan kita selama ini. Masyarakat kita juga bisa diajak disiplin jika diperlakukan dengan disiplin yang baik.

Ingat, beberapa tahun lalu masyarakat tidak bisa diatur, suka naik kereta di atap atau di sambungan antar gerbong. Sekarang mereka mau disiplin, tidak ada yang bergelantungan di atap dan di rangkaian antar gerbong. Mereka bisa didiplin karena diajak oleh pemimpin yang berdisiplin. Lihat juga masyaraat kita kalau di Singapura, pasti au disiplin dalam antri, disiplin di jalan, dan sebagainya

Itu semua karena aparat pemerintah yang mengelola Kereta Api mampu memimpin masyarakat dengan sistem yang baik.

Persaingan Bukan Soal Harga Murah

Tak kalah pentingnya , persaingan bukan hanya soal harga kita harus lebih murah dibanding negara lain.  Coba kita lihat faktanya. Contohnya dalam perdagangan ayam dunia, Brazil dikenal menawarkan ayam yang lebih murah dibanding negara lain, namun nyatanya Eropa lebih memilih ayam dari Thailand. Itu karena Thailand mampu memberikan nilai lebih dibanding Brazil.

Untuk dapat memenangkan persaingan, pelaku bisis bisa menjadi pelopor dalam menyediakan produk tertentu. Contoh merek Aqua, teh botol Sosro. Keduanya sanggup bersaing karena bertindak sebagai pencipta atau pelopor produk. Tentunya mereka siap bersaing di Era MEA.


Bambang Suharno (kanan) di FTI UII Jogja
Jika menjadi pelopor nggak bisa, jadilah yang terbaik. Google, facebook dan twitter adalah contoh produk yang bukan pelopor namun sebagai pemenang. Karena mereka memberikan yang lebih baik dibanding yang lain.

Jika menjadi yang terbaik juga tidak bisa, maka pelaku bisnis dapat bersaing dengan menjadi yang berbeda. Produk-produk yang secara kualitas tidak yang terbaik, mampu bersaing jika dapat memberikan sesuatu yang berbeda dibanding produk pada umumnya.

(bersambung)

Masyarakat Ekonomi ASEAN dan Daya Saing Kita

Dalam sebuah diskusi dengan kalangan pelaku bisnis peternakan unggas, saya bertanya kepada seorang peternak, "apakah Anda bisa memelihara ayam dengan standar produksi yang sama dengan yang dilakukan oleh Peternak Thailand?"

Jawabnya dengan mantap," Ya, bisa. kalau di Thailand satu meter persegi menghasilkan ayam hidup 10 kg dalam 25 hari, saya bisa. Kalau di Thailand konversi pakan 1,8, saya bisa. Bukan hanya Thailand, mau diadu dengan negara lain dengan parameter teknis yang sama, kami siap".

"Lho, kalau begitu kita nggak usah takut globalisasi dong, apalagi MEA (masyarakat Ekonomi ASEAN," kata saya.

"Ya, seharusnya tidak, karena setiap teknologi baru di   bidang peternakan, kita bisa langsung mempraktekannya. yang jadi masalah adalah faktor-faktor di luar urusan peternak. Misalnya rantai pemasaran yang panjang, biaya distribusi yang lebih mahal, bahan baku pakan lebih mahal. Juga pungutan-pungutan yang nggak jelas,"urainya berapi-api.

Sementara itu di beberapa forum yang membahas daya saing Indonesia, para pejabat dan birokrat berulang-ulang berbicara soal indeks kualitas SDM, dimana Indonesia pada posisi yang rendah. Untuk mengukur indek kualitas SDM ini digunakan parameter antara lain tingkat pendidikan masyarakat yang masih rendah. Melalui ukuran indeks SDM ini, lantas mereka--para pakar--menjadi memaklumi bahwa Indonesia layak kalah dengan negara tetangga. Karena para pakar memaklumi jika kita kalah bersaing, maka psikologis masyarakat menjadi kalah, menjadi pemegang "mental kalah" bukan mental pemenang.

Sangat disayangkan pula bahwa dalam analisa itu disampaikan, karena peternak rata-rata tingkat pendidikannya rendah, maka tidak mampu bersaing dengan peternak negara lain.

Semestinya kita memilah dulu peta persaingan. Di bidang peternakan unggas, permasalahan utamanya justru bukan di tingkat pelaku budidaya alias peternak. Mereka sudah mampu beternak sekelas peternak luar negeri. Bahkan bisa lebih efisien dari mereka. Soalnya adalah faktor di luar itu.

Jadi gimana? Menurut saya, yang utama adalah pemerintahnya, di pusat maupun di daerah. Apakah mereka bisa mengambil terobosan agar bahan baku pakan melipah dan harganya bersaing dengan bahan baku impor. Apakah pemerintah bisa lebih kreatif dalam membuat kebijakan yang mendorong rantai pemasaran dari kandang ke konsumen lebih efisien. Apakah infrastruktur khususnya jalan dari kandang ke konsumen bisa dijamin tidak rusak, sehingga lebih lancar dan tingkat kerusakan dan kematian ternak di perjalanan menurun?

Jika itu semua bisa dilakukan, peternak siap bertanding di laga ASEAN.

Oya, tahun lalu saya berkunjung ke acara pameran peternakan di Perancis (SPACE 2014) . Saya berkesempatan berkunjung ke peternakan sapi dan ayam. Perjalanan dari kota Rennes (tempat pameran) ke peternakan ditempuh dalam waktu 1 jam, dengan bus ukuran besar. Jalannya halus mulus tanpa lubang, sampai di halaman peternakan. Bagaimana dengan jalan menuju peternakan kita?

Jangankan ke peternakan, jalan menuju perumahan di tengah kota saja banyak yang hancur hehehe.

Tetang semangat.


Mau Jadi Driver atau Passenger?



Sejak usia muda para pemimpin bangsa telah belajar hidup mandiri, bahkan diajarkan oleh orang tuanya agar tidak menjadi anak manja atau jadi anak rumahan yang hanya belajar untuk mendapat nilai ijazah semata. Mereka diajak keluar untuk menghadapi berbagai tantangan.

Proklamator RI Soekarno salah satu contohnya. Ia tinggal sebentar dengan ayah bundanya di Blitar, kemudian tinggal bersama kakeknya di Tulung Agung, lantas pindah ke Mojokerto agar bisa melanjutkan sekolah di Europeesche Lagere School (ELS).

Ketika melanjutkan sekolah di Hoogere Burger School (HBS) Surabaya, Soekarno menumpang di rumah pimpinan Syarekat Islam HOS Tjokroaminoto. Saat di sekolah menengah itulah tahun 1918 ia mendirikan organisasi pemuda Jawa (Jong Java).
Lulus dari HBS Soekarno pergi ke Bandung melanjutkan kuliah di ITB yang saat itu bernama Technische Hoge School. Di kota ini ia tinggal di rumah Haji Sanusi yang merupakan kerabat HOS Tjokroaminoto. Ia diperkenalkan dengan tokoh nasional Ki Hajar Dewantara, Tjiptomangunkusumo dan Dr. Douwes Dekker. Interaksi inilah yang membedakan Soekarno dengan mahasiswa pada umumnya. Maka tak mengherankan, ketika lulus, ia terlibat dalam gerakan-gerakan yang bermuara pada perjuangan merebut kemerdekaan. Ia mendirikan beberapa organisasi, salah satunya yang paling fenomenal adalah Partai Nasional Indonesia (PNI)

Tatkala meraih gelar insinyur, Soekarno tidak memlilih bekerja di pemerintahaan Belanda dengan gaji yang memadai, melainkan memilih untuk melawan kolonialisme.
Ibarat naik kendaraan, Soekarno tidak memilih menjadi penumpang yang bisa bersantai, namun ia memilih menjadi driver dengan segala resikonya. Sebagai pengemudi ia tak boleh tidur, bahkan kantuk sejenakpun berbahaya.
Prof. Renald Kasali dalam bukunya “ Self Driving” mengatakan, bangsa yang hebat adalah “a driver nation”. Terbentuknya driver nation adalah hasil dari pribadi-pribadi yang  bermental “driver” yang menyadari bahwa ia adalah mandataris kehidupan. Para pemimpin di driver nation sadar bahwa ia mendapatkan mandataris dari rakyat untuk melakukan perubahan.

Kata Renald, driver adalah sikap hidup yang membedakan dengan sikap “passenger” (penumpang). Anda tinggal pilih , ingin duduk manis sebagai penumpang di belakang atau mengambil resiko sebagai driver di depan? Di  belakang anda boleh duduk sambil ngobrol, makan, bercanda bahkan ngantuk dan tertidur. Anda juga tidak harus tahu jalan, tidak perlu memikirkan keadaan lalu lintas dan tak perlu merawat kendaraan.
Sebaliknya seorang driver bisa hidup dimanapun. Awalnya mereka men-drive diri sendiri, kemudian me-drive orang lain, dan pada level seperti Bung Karno dan para pemimpin lainnya, mereka ikut men-drive bangsa.
Betapa banyak mental penumpang di sekitar kita agaknya membuat Renald cukup resah. Dalam situasi baik pun mereka gampang mengeluh, mengkritik organisasi di kantornya, mengkritik para pemimpin bahkan mencaci maki presiden tanpa data yang jelas.
Mereka tidak mengambil bagian sebagai komponen yang melakukan perubahan, melainkan hanya sebagai penumpang saja.

Keberhasilan Indonesia lepas dari jerat penjajahan adalah karena muncul pada pelajar dan mahasiswa waktu itu tampil sebagai driver. Seandainya mereka memiliki sikap penumpang, niscaya para kaum terpelajar lebih memilih menjadi pegawai pemerintah Belanda dengan fasilitas yang jauh lebih baik dari rakyat pada umumnya. Dan sangat mungkin Indonesia tetap menjadi bangsa terjajah.

Membaca buku karya Self Driving, saya langsung melihat sekeliling. Kaum muda semakin banyak yang menikmati kemanjaan menjadi mental penumpang. Orang tua mereka sangat protektif. Mengantar jemput di sekolah sejak TK hingga SMA. Mereka dicarikan tempat kost ketika kuliah di luar kota dan diberikan fasilitas lengkap. Dicarikan pekerjaan ketika lulus. Bahkan tak sedikit orang tua ikut terlibat dalam karir anaknya. Orang tua modern ini mengawal dan menjadi driver bagi kehidupan anaknya.
Sementara itu di dunia pendidikan, mereka diajari untuk menghafal pelajaran, bukan memecahkan masalah kehidupan. 

Kemanjaan ini jika diteruskan akan semakin membuat masyarakat didominasi oleh mental penumpang. Tak mengherankan jika situasi ekonomi makin banyak didominasi produk impor. 

Sikap driver bukan hanya penting bagi aktivis politik dan birokrasi, namun juga para pimpinan dan karyawan perusahaan. Dunia usaha menghendaki manusia-manusia berkarakter driver yang berkompetensi, cekatan, gesit, berinisiatif dan kreatif. 

Artikel ini disusun Bambang Suharno dan telah dimuat di Majalah Infovet edisi Januari 2015