TENTANG SAYA

Bersama keluarga di Bali
Perkenalkan saya Bambang Suharno. Lahir tahun 1967 di sebuah kampung di Kecamatan Gumelar, 40 km dari Purwokerto. Daerah ini mirip dengan Puncak Bogor, tapi memiliki gunung Kapur  dan goa alami yang sering dipakai untuk latihan pencita alam para mahasiswa Unsoed Purwokerto dan kampus lainnya. Merupakan penghasil ternak kambing paling banyak di wilayah Banyumas.

Saya lulus dari Fakultas Peternakan Universitas Soedirman (Unsoed) Purwokerto tahun 1990. Semenjak kuliah saya mengembangkan hobby menulis artikel di media dan menjadi wartawan lepas di majalah Ayam dan Telur (majalah yang terbit di Jakarta waktu itu, sekarang sudah tidak terbit lagi). Ikut mendirikan majalah kampus bernama Husbandry. Sembari kuliah sempat menjadi guru Bimbel di Purwokerto, sebagai guru di SMA Muhammadiyah Ajibarang-Purwokerto, berjualan baju batik serta menjadi penulis lepas di media anak-anak. Tulisannya dimuat di berbagai media antara lain majalah remaja MOP (semarang), Kedaulatan rakyat (Jogjakarta) dan lain-lain.


Lulus sebagai sarjana sempat mencicipi karir sebagai wartawan media umum, yaitu di harian Berita Nasional (Bernas) Yogyakarta. Sempat pula mendirikan peternakan ayam pedaging bersama seorang pemodal di kampung. Namun urusan usaha ayam ini kurang menantang di hati saya mengingat di dalam diri saya tersimpan potensi sebagai penulis, sehingga hanya dalam beberapa bulan saya mengundurkan diri dari proses kerjasama usaha ayam pedaging.




Bersama Davit Putra (kanan) di Radio RPK Jakarta

Setelah lulus sarjana sempat aktif di beberapa organisasi antara lain Pengurus Besar Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI) tahun 2002-2006, Asosiasi Obat Hewan Indonesia (ASOHI), dan juga ikut sebagai founder dan pimpinan Komunitas Wirausaha Indonesia (Indonesian Entrepreneur Society /IES) serta menjadi Ketua Umum Forum Media Peternakan (Format).
Komunikasi dengan saya dapat dilakukan melalui email bambangsuharno@gmail.com, bambangsuharno@yahoo.com.


Lantas karena kecintaan pada dunia peternakan saya bersama-sama pengurus Asosiasi Obat Hewan Indonesia mendirikan majalah Infovet (informasi veteriner/kesehatan hewan) tahun 1992 di Jakarta. Berangkat dari media ini, kemudian berdiri PT Gallus Indonesia Utama yang selain menerbitkan majalah Infovet juga mengembangkan kegiatan lainnya yaitu penerbit buku Gita Pustaka, event organizer, dan konsultan bisnis serta mengembangkan majalah Info Akuakultur dan majalah Cat & Dog. Di perusahaan ini saya dipercaya sebagai Direktur 

Di masa kuliah, saya aktif di bermacam kegiatan kemahasiswaan. Sempat menjadi Ketua I Senat Mahasiswa (SEMA) , Student English Forum (SEF), menjadi pembimbing Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) dan beberapa kegiatan lainnya

Dengan pergaulan dan pengetahuan yang makin berkembang, karya tulis saya makin bervariasi. Artikel dan buku-buku saya  mencakup bidang bisnis dan kewirausahaan, bisnis peternakan dan juga motivasi sukses kehidupan dan kepemimpinan.  Alhamdulilah, hingga sekarang sudah lebih dari 20 judul buku telah saya tulis, dan lebih dari 500 artikel dimuat di media cetak antara lain Infovet, Harian Bisnis Indonesia, Sinar Harapan, majalah Pebisnis, majalah Wirausaha & Keuangan, Peluang Wirausaha dan lain-lain.

Buku bisnis peternakan antara lain Ternak Komersial, Kiat Sukses Berbisnis Ayam, Agribisnis Ayam Ras, Agribinis Ayam Buras, Beternak Itik Intensif dan lain-lain.

Buku bisnis dan kewirausahaan yang sebagian menjadi buku best seller, antara lain Langkah Jitu memulai Bisnis Dari Nol (memecahkan rekor Best seller Kompas-Gramedia selama 7 bulan berturut-turut Januari-Juli 2007, telah dicetak lebih dari 60 ribu eksemplar), 7 Cara Tidak Gila Jadi Pengusaha, Kiat Bisnis Tahan Krisis,  Dosa Bisnis Keluarga dan Solusinya,  dan sebagainya.

Buku terbaru terbitan 2011 adalah  ”Jangan Pulang Sebelum Menang”, merupakan buku motivasi pertama terbitan GitaPustaka yang merupakan kompilasi artikel motivasi yang hadir setiap bulan di majalah Infovet, dengan beberapa penyempurnaan dan penyesuaian di dalamnya.

Selain sebagai penulis dan mengelola PT Gallus, dengan berbagai suka duka, saya mengembangkan bisnis lain di antaranya Ayam Panggang Cici Tegal (kerjasama dengan artis Cici Tegal), menjadi trainer dan pembicara seminar bisnis dan kewirausahaan, serta narasumber talkshow di berbagai radio di Jakarta.