Durasi pandemi Covid19 diprediksi akan berlangsung dalam jangka 1-2 tahun ke depan (sesuai prediksi dipasarkannya vaksin, yang paling cepat akhir 2021). Dulu, depresi 1929 dampaknya berlangsung sampai dengan 6 tahun.
*Business yang booming :*
1. E-commerce
2. Remote working
3. Logistic
4. Online schooling
5. Webinar / online training _sekarang harga webcam melonjak & persediaan tipis_
6. Netflix, Indihome, Mola
7. Telco
8. Telemedicine
9. Wellness
10. Medical equipments
11. Home entertainment
12. Alat olahraga di rumah
*Business yg terpuruk :*
1. Hotel
2. Travel
3. Bioskop
4. Mall
5. Retail
6. Entertainment
7. Property
8. MICE
9. Persewaan kantor
10. Restoran ( tdk ada Dine in )
11. Rekreasi indoor
Benefit
1. *Work life balance -*
productivity meningkat
2. *Cost efficient & produktif*
3. *Gaji relatif tidak tinggi*
(UMR akan menyesuaikan dengan realita)
• Website harus jg e-commerce
• *Hotel akan food delivery juga*
• Martha Tilaar dari kosmetik berubah jadi hand sanitizer - survival mode on
• *Es teler 77 sekarang masuk ke Frozen food*
• *Lippo mall / hotel difungsikan ke rumah sakit karena punya RS Siloam / punya kompetensi*
Dalam rangka omzet ke Business yang lagi trending :
• Ruangguru & Zoom jadi booming. Cloud juga.
*Makin banyak perusahaan cari survival mode agar dapat cash.*
Sejauh vaksin belum ditemukan kita akan ragu.
Mungkin nanti pesawat akan adaptasi kasih jarak 0.5 mtr, bioskop juga akan jadi separuh kursinya.
*Perusahaan yang belum masuk digital harus :*
1. *Arahnya ke cloud, IT as services. Masalah capability*
2. *Jual lewat digital & SocMed*
3. Model Business direct to konsumen trend-nya,
misal :
Kalbe bikin Marketplace
sendiri atau bikin kerjasama apotik Karena mengalami deepening & widening.
Produsen harus
mengembangkan channel sendiri.
*Tapi perusahaan yang memiliki sumber (big) data kayak CT Corp, KKG atau Djarum/BCA punya luxury.*
Bisa bikin market place seperti Tokopedia. Dalam hal ini Blibli dari Group Djarum sebenarnya selangkah lebih ‘mudah’ menyesuaikan dengan perubahan.
*Data nasabah BCA punya, para distributor rokok Group Djarum bisa jadi frontliner. Uang untuk modal berubah punya banyak.*
*Strategi marketing di era Covid19 & building branding untuk Business yang lebih bagus, harus punya empahty. CSR harus kuat. Give away. Kasih solusi. Jangan hard sell. Spirit membantu.*
Semakin besar, semakin sulit berubah.
Contoh Garuda : cargo.
Food online delivery.
Toyota / Astra untuk survive tidak mudah. Ada yang mati, ada yang survive. Itulah kedinamisan bisnis.
*Konsumen akan hold spending utk jaga-jaga kebutuhan yang essential seperti grocery, kesehatan & higienitas*.
Segmentasi pemenuhan kebutuhan pasar.
*walaupun big discount konsumen masih tahan spending.*
Termasuk perusahaan menunda bayar supplier. Kelangsungan hidup menjadi yang utama.
*Sekolah sudah mulai online course termasuk konsumen.*
Jangan berpikir pandemi ini sementara.
Ini bisa 1 -2 tahun menurut Bill Gates, Paul Romer, Yuval Harari, dll.
*Business yang terpuruk harus cari survival mode atau model bisnis baru.*
Atau treatment baru — termasuk low cost.
Makhluk yang bisa survive bukan yang paling besar, kuat dan kaya tapi kata Teori Darwin : *yang paling bisa beradaptasi.*
Hadapi dan terima kenyataan.
*Up grade diri untuk bisa beralih dari offline selling ke online selling.*
*Bantu mereka yg hrs dibantu, peduli dan berbagi.*
Everything is changing;
a new system is coming !
Are you ready ?
*Change Your Mindset. Now!*