Home »
» *NEW ERA* ‘Disruption’ by Covid19
*NEW ERA* ‘Disruption’ by Covid19
Durasi pandemi Covid19 diprediksi akan berlangsung dalam jangka 1-2 tahun ke depan (sesuai prediksi dipasarkannya vaksin, yang paling cepat akhir 2021). Dulu, depresi 1929 dampaknya berlangsung sampai dengan 6 tahun.
*Business yang booming :*
1. E-commerce
2. Remote working
3. Logistic
4. Online schooling
5. Webinar / online training _sekarang harga webcam melonjak & persediaan tipis_
6. Netflix, Indihome, Mola
7. Telco
8. Telemedicine
9. Wellness
10. Medical equipments
11. Home entertainment
12. Alat olahraga di rumah
*Business yg terpuruk :*
1. Hotel
2. Travel
3. Bioskop
4. Mall
5. Retail
6. Entertainment
7. Property
8. MICE
9. Persewaan kantor
10. Restoran ( tdk ada Dine in )
11. Rekreasi indoor
Benefit
1. *Work life balance -*
productivity meningkat
2. *Cost efficient & produktif*
3. *Gaji relatif tidak tinggi*
(UMR akan menyesuaikan dengan realita)
• Website harus jg e-commerce
• *Hotel akan food delivery juga*
• Martha Tilaar dari kosmetik berubah jadi hand sanitizer - survival mode on
• *Es teler 77 sekarang masuk ke Frozen food*
• *Lippo mall / hotel difungsikan ke rumah sakit karena punya RS Siloam / punya kompetensi*
Dalam rangka omzet ke Business yang lagi trending :
• Ruangguru & Zoom jadi booming. Cloud juga.
*Makin banyak perusahaan cari survival mode agar dapat cash.*
Sejauh vaksin belum ditemukan kita akan ragu.
Mungkin nanti pesawat akan adaptasi kasih jarak 0.5 mtr, bioskop juga akan jadi separuh kursinya.
*Perusahaan yang belum masuk digital harus :*
1. *Arahnya ke cloud, IT as services. Masalah capability*
2. *Jual lewat digital & SocMed*
3. Model Business direct to konsumen trend-nya,
misal :
Kalbe bikin Marketplace
sendiri atau bikin kerjasama apotik Karena mengalami deepening & widening.
Produsen harus
mengembangkan channel sendiri.
*Tapi perusahaan yang memiliki sumber (big) data kayak CT Corp, KKG atau Djarum/BCA punya luxury.*
Bisa bikin market place seperti Tokopedia. Dalam hal ini Blibli dari Group Djarum sebenarnya selangkah lebih ‘mudah’ menyesuaikan dengan perubahan.
*Data nasabah BCA punya, para distributor rokok Group Djarum bisa jadi frontliner. Uang untuk modal berubah punya banyak.*
*Strategi marketing di era Covid19 & building branding untuk Business yang lebih bagus, harus punya empahty. CSR harus kuat. Give away. Kasih solusi. Jangan hard sell. Spirit membantu.*
Semakin besar, semakin sulit berubah.
Contoh Garuda : cargo.
Food online delivery.
Toyota / Astra untuk survive tidak mudah. Ada yang mati, ada yang survive. Itulah kedinamisan bisnis.
*Konsumen akan hold spending utk jaga-jaga kebutuhan yang essential seperti grocery, kesehatan & higienitas*.
Segmentasi pemenuhan kebutuhan pasar.
*walaupun big discount konsumen masih tahan spending.*
Termasuk perusahaan menunda bayar supplier. Kelangsungan hidup menjadi yang utama.
*Sekolah sudah mulai online course termasuk konsumen.*
Jangan berpikir pandemi ini sementara.
Ini bisa 1 -2 tahun menurut Bill Gates, Paul Romer, Yuval Harari, dll.
*Business yang terpuruk harus cari survival mode atau model bisnis baru.*
Atau treatment baru — termasuk low cost.
Makhluk yang bisa survive bukan yang paling besar, kuat dan kaya tapi kata Teori Darwin : *yang paling bisa beradaptasi.*
Hadapi dan terima kenyataan.
*Up grade diri untuk bisa beralih dari offline selling ke online selling.*
*Bantu mereka yg hrs dibantu, peduli dan berbagi.*
Everything is changing;
a new system is coming !
Are you ready ?
*Change Your Mindset. Now!*
Related Posts:
Jangan Mengeluh Ketika Indonesia baru merdeka, ada warga masyarakat yang protes karena naik kereta disuruh bayar. "Lho kita kan sudah merdeka, kok naik kereta disuruh bayar," begitu protes beberapa penumpang kereta , sebagaimana diceritaka… Read More
Hati-hati dengan cara berfikir kita Mungkin itu adalah kalimat yang cocok untuk membuka pesan ini. Jika Anda sudah mengikuti materi-materi entrepreneurID sejak lama, Anda pasti akan tahu bahwa sesuatu yang disebut mindset itu sangat penting. Kalau baru ikut … Read More
Warna Warni Tipe Berpikir Kemampuan membina hubungan antar manusia adalah kunci utama mencapai kebahagiaan (penelitian Harvard University). Sejak tahun 1938 Harvard University melakukan penelitian untuk menjawab pertanyaan, tentang apa yang se… Read More
Ke Mekah Berkat_Drone Orangtua di foto ini bernama Al-Hassan Abdulla. Seorang miskin yang berasal dari sebuah desa kecil di Ghana. Suatu hari, seorang jurnalis kantor berita Turki sedang merekam sebuah footage menggunakan drone untuk keperluan b… Read More
8 JENIS REZEKI DARI ALLAHInilah 8 jenis rezeki 1.Rezeki Yang Telah Dijamin. وَمَا مِن دَابَّةٍ فِي الْأَرْضِ إِلَّا عَلَى اللَّهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا كُلٌّ فِي كِتَابٍ مُّبِينٍ "Tidak ada satu makhluk melatapun yan… Read More
Delivery Services in Dubai
BalasHapusDrift-Master
BalasHapus